One's destination is not a place, but a new way of seeing things.
-Henry Miller-

Selasa, 21 April 2015

Bandung, antara Impian dan Realita

Bandung, antara Impian dan Realita

Alhamdulillah, saya pernah diberi kesempatan magang di Lembaga Elektronika Negara (LEN) Bandung selama 8 bulan. Yoiii, Banduuung, kota paling gaul, ahahhaa :D. Buka kartu nih, jadi tuh saya waktu SMA ngefans banget sama kota Bandung gara2 ada ITB, sempet daftar USMnya sayangnya ga ketrima pilihan pertama, haha :D

Proses magang di LEN nya pun aneh bin ajaib, bermula dari habis tes GRE di Jakarta lanjut nemenin teman ke Bandung buat minta rekomendasi. Nginapnya dimana lagi kalau bukan di kosan Arinata Fatchun Ilmiawan (fatchun) à padahal baru aja kenal, bener2 ga tau malu y saya :D Kebetulan banget si fatchun habis ambil GRE n mau kuliah di luar, jadi yang diobrolin klop banget lah. Mulai sharing tips n trik soal admission sampai ke gimana ngisi waktu dari daftar sampai masuk kuliah. Kalau si fatchun caranya ngisi waktu dengan kerja di LEN (Lembaga Elektronika Negara), selain dapat gaji dapat ilmu juga. Baiknya si fatchun, karena tahu saya masih pengangguran dia nawarin magang di LEN. Karena memang bingung ga ngapa2in, saya pun ngangguk2. Di kepala dah kebayang runtutan proses seleksi yang ribet dan rumit, eh ga taunya si fatchun cuma minta CV doing n sim salabim, 15 menit setelah CV diterima dia blg besok suruh wawancara sama kepala divisi power electronics LEN, hahaha cepet eee rek :D

Kerja di LEN jauh banget dari anggapan saya yang identik dengan suasana kaku n ngebosenin. Beda banget, kerja di LEN sangat fleksibel n sering banget di tengah jam kerja main – main ke cubicle orang cuma buat ngobrol ngalor ngidul ga jelas, haha. Bahkan, kepala divisi power electronicsnya, Pak Husnan memperbolehkan saya buat ambil libur beberapa hari (minggu si tepatnya) buat daftar2 beasiswa. Ya mungkin karena kerjaannya di bidang research n development ya, jadi ga se kaku bagian produksi. Kerjaan saya di LEN adalah simulasi kendali motor induksi buat monorail and under supervision from …. tebak siapa? …Fatchun :D. Sayangnya karena memang bukan my area of expertise n ada beberapa kegiatan, tugas yang di assign ke saya ga selesai. Suram banget yak :D. Anyway, buat anak elektro yang senang soal elektronika atau mau persiapan buat kuliah di luar, cocok banget kalau mau magang di LEN. Ilmu dapat, uang saku juga :D  

Kerjaan di LEN : naik gunung Ciremai n main ke tempat Mas Ligar :D

Beruntung banget selama di Bandung saya tinggal di kontrakan bata merah bareng geng Malang (Fatchun, Per, Wega, Aul, Ahmed, sama mas Widi). Jadi geng Malang ini ternyata 1 SMA n dah mulai tinggal bareng dari lama banget, jadi ya dah pada akrab n suasananya homy banget (beda banget sama persepsi orang soal living in Bandung yg individualistic). Selain homy banget, tinggal bareng geng bata merah juga banyak manfaatnya. Banyak banget pelajaran hidup yang saya dapat, mulai dari belajar kontrol diri, hidup hemat, sampai ke cewek (haha).
Seru2an bareng geng Batubata

Hal yang paling berkesan selama di Bandung tu, how to adapt your lifestyle. Jujur adat istiadat orang Salatiga n Bandung tu beda banget. Saya pernah kena semprot ibu2 yang kepala anaknya saya elus2 (padahal kalau di Salatiga malah bangga itu Ibu2 J). Financial planning juga dapat banget pelajarannya, kebetulan uang saku selama magang itu ga sebesar waktu masih bantu2 dosen di kampus; ditambah barang2 di Bandung itu mahal2, jadinya magang di Bandung ga untung malah buntung, haha. Tapi ya tetep, harus bersyukur karena pengalaman lebih berharga daripada yang lain.

2 comments:

  1. Selamat dan sukses sodaraku.....

    BalasHapus
  2. Berikut Materi2 GRE Gratis untuk meningkatkan Nilai GRE dan mencapai Kampus Ranking 100 Besar Dunia:
    http://www.4shared.com/folder/5hTCmhnw/Materi-Materi_Ujian_GRE.htm

    BalasHapus