One's destination is not a place, but a new way of seeing things.
-Henry Miller-

Jumat, 14 Desember 2012

Wisuda @ puncak garuda

Ini sebenarnya cerita lama sih (sekitar 4 bulan lalu), dan agak malu-maluin kalau di ceritain, tapi gpp lah. Jadi ceritanya gini, kebetulan saya di wisuda sekitar pertengahan agustus, nah awal agustus sudah dapat toga dkk dan balikinnya akhir agustus. Iseng mau dibuat apa toganya (kalau teman2 lain si buat foto bareng pasangannya, nah kalau saya kan ga punya T.T), akirnya timbul ide gmana kalau wisuda di puncak garuda (agak arogan sih kalau dipikir, hahaha :p). Kenapa Merapi? Maunya si di wisuda di merbabu (secara anak salatiga gt :D ), tapi karena masih ada tangungan soal kawat netral ya cari yang bisa sehari semalam doang. Setelah minta ijin dari pak nengah - pak sarjiya – mas yusuf saya ditemani mas didit berangkat ke new selo. Sampai di base camp sekitar jam set 12, kami istirahat dulu sembari cek ulang kelengkapan.

AAARRRGGGH, lupa bawa sleeping bag T.T, (ah, bodohnya). Mau balik dah ga sempet, mau pinjem juga ga mungkin (kalau ketahuan ga bawa pasti ga boleh naik), ah masa bodo, yg penting wisuda @puncak garuda harus tetap jalan. Hahhaha. Mulai naik sekitar jam set 3.

Kebetulan saya belum pernah naik ke merapi, jadi ndak tahu gmana kondisinya. Ooo, ternyata oh ternyata jalurnya full debu sama pasir (saya sarankan kalau mau naik merapi bawa masker juga). Dari selo, jalur ke puncaknya ada 2, kartini sama alternatif, kami lewat jalur kartini (kata mas didit lebih bagus si).  Alhamdulillah kami sampai di pasar bubrah sekitar j set 7 (setelah sempat tersesat karena ada kabut tebal). Oke, setelah bikin tenda + masak kami pun tidur (sembari berdoa semoga besok cerah). Oiy, karena saya ga bawa sb, sbnya mas didit di jadiin selimut ja, hahaha.

Sekitar jam set 5 kmi sudah bangun sambil nunggin sunrise, dingiiiiin. Sekar jam 5-an matahari mulai muncul, subhanallah indahnya. Setelah puas foto – foto kami lanjut bikin sarapan buat tambahan energi ke puncak. Perjalanan ke puncak lumayan susah karena kombinasi full pasir dan kerikil, kalau ga hati – hati bisa terjatuh. Setengah jam ndaki, akhirnya kami sampai ke puncak. Di puncak merapi sendiri ada kawah (dan lmyn angker katanya, dah beberapa oran terjatuh ke kawah karena pengin liat lebih dekat, emamg bagus si kawahnya). Oke, saatnya foto wisudaaaa, hahaa. Setelah motoin saya mas didit lanjut ke puncak garuda. Nah, saya mikir2, jalurnya itu lho curam banget (setelah erupsi), naik ndak ya. Akhirnya tas saya titipin dan coba naik, segala cara dilakuin mulai dari merangkak-rangkak sampai ndepel2 (apa ya bahasa indonesianya,pokoknya badan itu di pepetin ke dinding). Akhirnya sampai juga di puncak Garuda, yeaaaaaaaaaaaaaah. Puas sekali bisa sampai puncak Garuda, hehehe. Setelah puas liat viewnya kami pun turun. Perjalanan turun sendiri lumayan cepat, 2 jam kurang dikit, sampai di base camp sekitar jam 12. Istirahat + mandi bentar kami lanjut ke jogja J.